Beberapa Tips Ini Dapat Bikin Anda Lebih Rajin Membaca Buku

Apakah salah satu resolusi Anda di tahun ini yakni dapat lebih rutin membaca buku? Jikalau iya, bagaimana cara kerjanya hingga hari ini? Kalau sampai detik ini Anda masih kesusahan mencari celah agar lebih terbiasa dengan aktivitas membaca, agaknya Anda perlu coba kiat sederhana ini.

Tetapi ingat, tips ini hanya berlaku kalau kamu benar-benar bersepakat untuk berteman dengan buku. Berani coba?

1. Luangkan waktu untuk baca buku di pagi hari sebelum mengawali beraktivitas
Dikala pagi hari, keadaan tubuh dan pikiran masih segar serta jernih. Apalagi sesaat sesudah Anda sarapan. Nah, sebelum kamu disibukkan dengan aktivitas rutin di kantor maupun kampus, Anda bisa sempatkan dulu membaca 10-15 lembar halaman buku yang mau kamu baca.

2. Bawalah buku yang sedang Anda baca ke kantor, ke kampus, atau ke mana saja Anda pergi
Agar buku yang sedang kamu baca bisa cepat tamat dibaca, solusinya merupakan membawanya ke mana saja kamu pergi. Dengan begitu, kapan saja Anda memiliki waktu luang, kamu bisa lantas ambil bukumu serta membacanya.

3. Coba luangkan waktu untuk membaca buku sebelum tidur
Alih-alih buka feed Instagram, Anda dapat memanfaatkan momen sebelum tidur untuk meneruskan membaca buku yang sedang berharap kamu rampungkan. Area tidur jadi salah satu tempat yang nyaman untuk bersantai sekaligus baca buku.

4. Jikalau Anda bosan dengan suasana di rumah atau kantor, kamu dapat sempatkan datang ke perpustakaan untuk melanjutkan kegiatan baca bukumu
Kamu yang telah tidak lagi kuliah, pasti telah jarang pergi ke perpustakaan. Meskipun, jalan-jalan ke perpustakaan dapat menjadi salah satu motivatormu untuk lebih rajin membaca buku.

5. Terakhir, Anda dapat ciptakan pohon literasi untuk makin menyemangatimu membaca buku
Kamu bisa gambar sebuah pohon literasi di selembar kertas karton lalu memajangnya di dinding kamar. Pohon literasi ini bakal tumbuh makin subur sekiranya kamu rutin menyiramnya dengan halaman demi halaman buku yang Anda baca.

Membaca buku itu tak semestinya dijalankan berjam-jam dalam sekali waktu. Anda bisa menjalankannya walau hanya 30 menit setiap kali membaca. Sesuatu yang hanya dilaksanakan sejenak melainkan rutin akan lebih baik daripada tak dijalankan sama sekali.

Baca informasi perihal rumus uji t berpasangan disini.